NASKAH AKADEMIK

STANDAR I

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

  1. Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran (VMTS) Program Studi Magister Agribisnis (PSMA) Agribisnis disusun dengan beberapa ketentuan pokok dan tahapan. Ketentuan dan tahapan ini diilhami dan diawali dengan keluarnya Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 031 Tanggal 20 Mei 2002[1] tentang perubahan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Melalui keputusan tersebut IAIN yang semula merupakan pusat pengembangan ilmu agama Islam di Indonesia memperluas mandate-nya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) yang juga ikut berperan serta dalam mengembangkan bidang ilmu lain seperti bidang Sains dan Teknologi, namun tetap menjaga jati diri keislaman di dalamnya. Program Magister Agribisnis sebagai bagian dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) mendukung penuh amanat luhur VMTS UIN  dan FST tersebut dengan mengembangkan keilmuan Agribisnis yang dijiwai nilai-nilai keislaman.

Penyusunan VMTS dilakukan melalui diskusi secara internal pada tanggal 14 Juli 2010[2] (rapat tim perumus) yang diturunkan dari visi, misi, tujuan, dan sasaran fakultas sebagai derivasi dari visi, misi, dan sasaran di tingkat universitas. Inilah visi dan misi pertama PSMA. Visi dan Misi PSMA kemudian disempurnakan lebih lanjut pada rapat internal  tertanggal 16 Juli 2018,[3] seiring dengan perkembangan zaman serta disesuaikan dengan profil dan kompetensi yang diinginkan oleh PSMA FST UIN Jakarta.

Pihak-pihak yang dilibatkan dalam penyusunan VTMS adalah pejabat fakultas, pejabat PSMA, dosen tetap, wakil dari stakeholder, serta para pakar. PSMA sudah berdri sejak tahun 2010; dan dengan demikian sebagaimana disebutkan di atas sudah dilakukan peninjauan ulang tentang visi dan misi PSMA agar tetap update dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir di bidang sosial ekonomi pertanian serta tuntutan kebutuhan dalam pengembangan Prodi tersebut, terutama yang terkait dengan misi pengembangan SDM sesuai kebutuhan, tuntutan, dan hasrat untuk menjadikan PSMA sebagai prodi yang setarap atau mendekati kualitas keilmuan di tingkat global.

Mekanisme penyusunan visi dan misi PSMA dapat dilihat dari flowchart berikut ini:

Gambar 1. Flowchart Mekanisme Penyusunan Visi, Misi Program Magister Agribisnis UIN Jakarta

            Flowchart di atas dapat dijelaskan bahwa visi misi PSMA disusun dengan mekanisme sebagai berikut: Visi dan Misi PSMA mengacu pada visi dan misi FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

            Input dari stakeholder (pengguna alumni) juga menjadi bahan pertimbangan penyusunan Visi dan Misi PSMA. Workshop dilakukan untuk mencari masukan dan kelengkapan (draft) Visi dan Misi PSMA. Hasil workshop kemudian disosialisasikan dalam forum dosen (konsorsium keilmuan) untuk mendapatan input lebih spesifik. Visi dan Misi kemudian disempurnakan menjadi sebuah rumusan yang konkret, kemudian dibicarakan dalam rapat dosen agribisnis.

            Setelah mendapatkan kesepakatan dan keputusan rapat dosen, visi dan misi kemudian disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika. Selanjutnya dilakukan survei tingkat pemahaman civitas akademika tentang visi dan misi PSMA. Jika ada masukan dari civitas akademika, maka dilakukan penyempurnaan rumusan visi dan misi PSMA.

            Penyempurnaan visi dan misi PSMA dilakukan melalui  meknaisme rapat dosen secara internal, di mana dalam rapat tersebut dilakukan pembahasan secara mendalam tentang perkembangan ilmu pengetahuan, kebutuhan adanya visi dan misi baru untuk penyelenggaraan proses pembelajaran di tingkat magister. Penyempurnaan itu juga memperhatikan hasil survai mengenai pemahaman mahasiswa, kepuasan, dan perlunya perubahan dan perumusan visi dan misi baru PSMA.

Visi Program Studi Magister Agribisnis

            Terwujudnya Program Studi Magister Agribisnis Terkemuka di tingkat nasional, yang berwawasan ke-Islaman, dan ke-Indonesiaan pada tahun 2018. Kemudian visi tersebut disempurnakan menjadi “Terwujudnya Program Magister Agribisnis Terkemuka bertaraf internasional, yang berwawasan keislaman, dank e-Indonesiaan pada tahun 2023.”  

Misi program Studi Magister Agribisnis

            Sebagai penjabaran dari visi yang sudah disempurnakan tersebut, PSMA mengemban misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran lanjutan dalam bidang Agribisnis guna menghasilkan magister (S2) yang memenuhi keunggulan dan daya saing.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang sosial ekonomi pertanian yang bermanfaat bagi pengembangan agribisnis, pemecahan berbagai persoalan yang terkait dengan sosial ekonomi pertanian dal;am rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Melakukan publikasi hasil penelitian di jurnal nasional dan jurnal internasional bereputasi untuk meningkatkan daya saing Program Magister Agribisnis.
  4. Melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di bidang agribisnis sesuai dengan asas-asas keilmuan.

Tujuan

            Untuk memudahkan pelaksanaan misi pada tataran yang lebih teknis dan operasional maka empat poin misi tersebut diuraikan ke dalam 6 (enam) poin tujuan pengembangan yang mencakup :

  1. Meningkatkan kinerja pendidikan dan pengajaran melalui peningkatan kualitas pengelolaan system pendidikan dan pengajaran, serta peningkatan kompetensi pengajar;
  2. Meningkatkan kinerja pendidikan dan pengajaran melalui penyediaan sarana dan prasarana yang berkualitas.
  3. Meningkatkan kinerja penelitian dan publikasi ilmiah, dengan mendorong para dosen untuk melakukan penelitian serta melakukan publikasi hasil penelitian tersebut.
  4. Meningkatkan kinerja pengabdian kepada masyarakat melalui pembinaan, penyuluhan, dan sosialisasi.
  5. Menghasilkan Magister Sains Agribisnis yang kompeten, berintegritas, dan berwawasan ke-Islaman yang sesuai dengan kebutuhan.
  6. Memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa mulai dari penerimaan, kelulusan dan pembinaan alumni.

1.1.2. Strategi Pencapaian Sasaran

            Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, maka strategi pencapaian sasaran yang dilakukan sivitas akademika PSMA adalah sebagai berikut:

  1. Penguatan system pengelolaan pendidikan dan pengajaran.
  2. Peningkatan kualitas  staf pengajar melalui pelatihan profesi dan kompetensi, penyediaan  fasilitas pendukung, dan perbaikan kesejahteraan.
  3. Membangun dan mengembangkan infra struktur pendidikan yang memenuhi standar  pelayanan minimal.
  4. Membangun dan mengembangkan kerja sama di bidang penelitian dan publikasi dengan lembaga riset dan pendidikan baik di dalam maupun luar negeri.
  5. Melakukan sinergitas penelitian di antara para dosen serta sinergitas penelitian dosen dengan penelitian mahasiswa;
  6. Menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan pemangku kepentingan di bidang agribisnis.
  7. Merancang kurikulum yang relevan sesuai pendekatan link and match.
  8. Membangun transparansi di antara civitas akademika, mengembangkan kegiatan ekstra  kurikuler dan pelibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

1.2. Pemahaman Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi Magister

Agribisnis  oleh seluruh Pemangku Kepentingan Internal: Sivitas Akademika   (Dosen dan Mahasiswa) dan tenaga Kependidikan 

            Visi, misi, dan tujuan PSMA UIN Jakarta disosialisasikan kepada semua pihak. Tidak saja kepada seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan, tetapi juga kepada seluruh stakeholders. Sosialisasi dengan menggunakan berbagai bentuk media, baik melalui media online maupun hardcopy. Sosialisasi dengan menggunakan media online, antara lain, website PSMA, media sosial, dan dokumentasi rencana kinerja tahunan. Sementara sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran institusional PSMA UIN Jakarta dengan menggunakan media cetak, antara lain, berbentuk poster, pamflet, brosur, dan spanduk.

            Upaya sosialisasi visi, misi, tujuan, dan Sasaran PSMA, baik ke dalam maupun ke luar, dilaksanakan dengan berbagai tahap, antara lain:

Sosialisasi ke dalam:

            Pencantuman rumusan Visi, Misi, tujuan dan Sasaran PSMA pada berbagai media internal, misalnya, Website PSMA yang memiliki internal link dengan website UIN Jakarta serta link le berbagai web keilmuan seperti SCOPUS, Google Scholar, Sinta Dikti, dan PDPT Dikti. Sosialisasi juga dilakukan secara ofline melalui  poster berbingkai di dinding kampus FST, banner, dan lain-lain.

Penempatan visi, misi, dan tujuan dan sasaran FST sebagai dasar penyusunan Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu dalam dokumen sistem manajemen mutu UIN Jakarta, yang kemudian diturunkan menjadi Sasaran Mutu FST dan PSMA UIN Jakarta.

Sosialisasi internal kepada Mahasiswa

            Secara lebih rinnci, terdapat dua langkah penting yang dilalukan PSMA untuk melakukan sosialisasi visi, misi, kepada mahasiswa secara internal, yakni: (1) dilakukan melalui diskusi dosen PSMA yang dilakukan secara rutin yang dihadiri oleh pimpinan FST, dosen, sampai staf tenaga kependidikan; dan (2) Coffee morning antara pimpinan FST, kaprodi, dosen dan tenaga kependidikan.

Adapun  sosialisasi keluar:

  1. Melalui website PSMA UIN Jakarta yang diakses secara terbuka dalam waktu dua puluh empat (24) jam, terintegrasi dengan website UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan seluruh unit dan fungsi di lingkungan UIN Jakarta, serta dilink ke berbagai web akademik di tingkat nasional dan global, seperti Goggle Scholar, SCOPUS, dan Sinta Dikti, dan PDPT Dikti.
  2. Road show ke perguruan tinggi se DKI Jakarta dan instansi pemerintah se DKI Jakarta dan sekitarnya, PT dan instansi pemerintah Propinsi Banten, Pemda Kab Bogor.
  3. Melalui laporan instrumen Evaluasi Mutu Internal (EMI) Pendidikan Tinggi kepada Lembaga Penjaminan Mutu (LPJM) UIN Jakarta.

1.2. Tingkat Pemahaman Sivitas Akademika (dosen dan mahasiswa) dan  

       Tenaga  Pengajar

            Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Jakarta telah menyusun instrumen untuk mengukur tingkat pemahaman dosen, karyawan dan para mahasiswa PSMA. Instrumen ini penting sebagai tolok ukur bahwa seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan memahami dengan baik visi, misi, tujuan, dan sasaran PSMA UIN Jakarta.[4]

            Instrumen tersebut disebar oleh pengelola PSMA untuk memperoleh bukti dan data sejauh mana para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa memahami visi, misi, tujuan. Pemahaman sivitas akademika tentang visi, misis, tujuan, dan sasaran sangat penting bagi PSMA UIN Jakarta. Hal ini akan digunakan sebagai masukan dalam pencapaian strategi visi, misi, tujuan, kebijakan dan sasaran PSMA UIN Jakarta. PSMA telah dua kali menyebarkan instrumen tersebut. Pertama kali dilakukan pada tahujn 2012. Kemudian sejalan dengan perubahan dan pengembangan visi, misi, dan tujuan, maka kembali dilakukan survai mengenai pemahaman tersebut pada bulan April 2016 kepada seluruh seluruh sivitas akademika FST UIN Jakarta. Hasil penyebaran instrumen adalah seperti yang tertera pada Tabel 2.

Tabel 2. Distribusi hasil penyebaran instrumen visi, misi PSMA UIN Jakarta

Pengisi Instrumen Jumlah
Dosen FST dan PSMA 27
Mahasiswa Program Magister Agribisnis 10
Tenaga Kependidikan FST 10
Total 47

Sumber: Hasil Survey (2016)

            Bersadarkan hasil penyebaran instrumen tentang pemahaman visi, misi, tujuan, dan sasaran PSMA UIN Jakarta adalah sebagai berikut (bukti hasil penyebaran instrumen). Berdasarkan hasil survey yang dicantumkan pada Tabel 3 berikut ini, maka dapat disimpulkan bahwa sivitas akademika PSMA FST UIN Jakarta telah memahami visi, misi, tujuan, dan sasaran.

Tabel 3. Tingkat pemahaman Terhadap visi, misi, tujuan, dan sasaran PSMA

              FST UIN Jakarta

  Civitas Akademika   Tingkat Pemahaman
Tidak Paham (%) Cukup Paham (%) Paham (%) Sangat Paham (%)
Dosen 0 0 64,17 35,82
Mahasiswa 0 6,6 83,3 10
Tenaga Pendidik 0 16,9 61,01 22.03
Rata-rata 0 7,833 64,493 22,617

Sumber: Hasil Survey (2016)


            [1] Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 031 Tanggal 20 Mei 2002[1] tentang perubahan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

            [2]Notulensi Rapat pada tanggal 16 Juli 2018  

[3] Notulensi Rapat Internal pada tanggal 24 Agustus 2014.

            [4] LPM, Instrumen Pengukur Pemahaman tentang Visi dan Misi (Jakarta:  LPJM, 2012)