Teladan Organisasi dan Regenerasi Mahasiswa Matematika 8 (TEOREMA 8)

FST UIN JAKARTA – 18 OKTOBER 2019, Telah Dilaksanakan Kegiatan Teladan Organisasi dan Regenerasi Mahasiswa Matematika 8 atau disingkat TEOREMA 8 adalah salah satu program kerja dari Departemen Ekspansi yang merupakan kegiatan kaderisasi lanjutan dari PBAK. TEOREMA 8 diselenggarakan pada hari Jum’at sampai Minggu, 11-13 Oktober 2019 di Villa Paddessa Maisson, Kecamatan Caringin, Ciawi, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh 58 orang Mahasiswa/i Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2019.

Foto Barsama Peserta TEOREMA 8 dengan Ketua Prodi Matematika (Sumainna, M.Si.)

Kegiatan TEOREMA 8 dimulai pada hari Jum’at, 11 Oktober 2018. Peserta TEOREMA 8 mengikuti kegiatan Opening Pekan Raya Saintek di Hall Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terlebih dahulu sebelum berkumpul di Lapangan Triguna pukul 16.00. Setelah berkumpul, peserta diarahkan masuk ke dalam bis dan mulai berangkat pada pukul 16.30. Waktu perjalanan yang ditempuh peserta sampai ke Villa Paddessa Maisson membutuhkan waktu sekitar 3 Jam.

Sesampainya di lokasi, peserta mengumpulkan barang-barang yang wajib dibawa, yaitu kado, Buku Tugas TEOREMA 8, bahan makanan. Selanjutnya peserta diarahkan ke halaman villa untuk makan malam. Pukul 19.30 diselenggarakan pembukaan kegiatan TEOREMA 8 yang berlokasi di halaman villa. Kegiatan pembukaan tersebut terdiri dari pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Sari Tilawah oleh Gibran Giffari dan Sheila Azzahra, kemudian sambutan Ketua Pelaksana oleh Adeline Hikmalia I, selanjutnya sambutan Ketua HIMATIKA sekaligus membuka kegiatan TEOREMA 8 secara resmi oleh Maftuh Mashuri.

Selanjutnya yaitu pembacaan peraturan TEOREMA 8 yang dibacakan oleh Amirah Bonita. Pada pukul 20.20 dibacakan peraturan uang HIMA oleh Aulia Astika sekaligus pemberian uang HIMA. Uang HIMA ini merupakan mata uang yang digunakan selama kegiatan TEOREMA 8, berupa biji jagung yang dapat ditukarkan dengan keperluan sehari-hari peserta. Selanjutnya peserta diarahkan ke Aula untuk melakukan Shalat Isya dan Tadarus bersama. Setelah 30 menit, peserta diarahkan ke kamar peserta untuk bersiap-siap tidur.

Keesokan harinya, peserta dibangunkan pada pukul 04.00 untuk melakukan tadarus selama 25 menit. Selanjutnya pukul 04.25 – 04.40 peserta menjalankan Shalat Subuh berjamaah. Setelah shalat, diseleggarakan kultum yang diisi oleh peserta. Di sini, peserta yang akan mengisi kultum secara sukarelawan dari peserta itu sendiri. Materi kultum yang diutarakan bebas dari peserta itu sendiri.

Setelah kultum, peserta digiring ke halaman villa untuk mengikuti senam yang dipimpin oleh Noval Pratama dan Lukman Hakim. Mereka melakukan senam selama 30 menit. Selanjutnya peserta sarapan di teras villa bersama panitia dan pengurus HIMATIKA menggunakan alat makan yang dibawa masing-masing. Setelah sarapan, peserta diberi waktu selama 30 menit untuk bersih-bersih dan mempersiapkan diri untuk menyimak materi. Pada pukul 07.20 sambutan kepala program studi Matematika oleh Ibu Sumainna, M.Si.

Setelah sambutan, peserta menyimak materi tentang KEHIMATIKAAN yang diisi oleh Ketua HIMATIKA, Maftuh Mashuri, beserta pengurus lain yang berasal dari berbagai macam departemen yang ada di HIMATIKA. Setelah satu jam, peserta diberi waktu 30 menit untuk memberikan pertanyaan. Setelah itu, ada pemberian cinderamata oleh Adeline Hikmalia I. Materi selanjutnya dimulai pada pukul 09.30 – 10.30 yaitu materi Teknik Persidangan yang diisi oleh Winda Medikasari, Akmal Tanjung dan Adrian Fajar. Selanjutnya peserta diberi waktu selama 20 menit untuk memberikan pertanyaan. Dalam materi ini diberikan pula simulasi yang dilakukan oleh pemateri dan peserta selama 30 menit, kemudian ada pemberian cinderamata kepada pembicara oleh Hany Rahmanita. Pada pukul 10.45 sambutan Wakil Dekan 3 oleh Ibu Dr. Fahma Wijayanti, M.Si. Pada pukul 11.20 – 12.20 peserta menyimak materi tentang Pengabdian Masyarakat yang diisikan oleh Siti Hafshah Nurul Arafah selama 45 menit, disambung dengan sesi tanya jawab selama 15 menit dan pemberian cinderamata kepada pembicara oleh Adeline Hikmalia I. Lalu peserta diarahkan untuk duduk sesuai kelompok untuk melakukan diskusi kelompok bersama kakak pembimbing. Diskusi ini tujuannya untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk praktek pengabdian masyarakat. Setelah diskusi selama 20 menit, peserta melaksanakan Shalat Zuhur berjamaah di aula.

Kemudian pukul 13.00 – 13.30 diarahkan untuk makan siang di teras villa selama 30 menit. Setelah makan siang, peserta melakukan praktek pengabdian masyarakat selama satu jam, mulai pukul 13.30 sampai 14.30. Praktek ini dilaksanakan di sekitar villa, di mana peserta terjun ke masyarakat untuk mewawancarai mereka. Pukul 14.30, mereka kembali ke villa peserta presentasi, dengan jeda Shalat Ashar pukul 15.30 – 16.00. Setelah presentasi, pukul 16.30 diadakan sharing kepanitiaan yang diisi oleh BPH TEOREMA 8, dan semua Koor Divisi. Sharing ini diselenggarakan selama 50 menit. Kemudian pukul 17.20 – 17.45 dilanjut ke kegiatan Sharing Kewirausahaan yang diisi oleh Gustiawan Arum, alumni Matematika angkatan 2012. Selanjutnya pukul 17.45– 18.30 peserta melaksanakan Shalat Maghrib berjamaah, kemudian dilanjutkan makan malam selama 30 menit, lalu melaksanakan Shalat Isya berjamaah. Semua kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula. Pada pukul 19.30 peserta mengikuti acara Malam Keakraban atau disebut Makrab. Rangkaian acara saat Makrab yaitu penampilan-penampilan angkatan 2019, 2018, 2017, 2016 serta perkenalan dengan alumni. Pada pukul 20.10 sambutan dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi oleh Ibu Prof. Dr. Lily Surraya Eka Putri, M.Env.Stud Acara Makrab selesai pukul 21.50, lalu peserta diarahkan ke kamar masing-masing untuk istirahat.

Keesokan harinya, peserta dibangunkan pukul 04.15 untuk menjalankan Shalat Subuh berjamaah. Setelah Shalat Subuh berjamaah, peserta melakukan tadarus selama 25 menit. Selanjutnya pukul 05.00 peserta diarahkan kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat. Lalu pukul 06.30 peserta diarahkan ke teras villa untuk sarapan bersama panitia dan pengurus. Setelah sarapan, peserta melaksanakan outbond atau games. Pukul 10.00–10.50 bersih-bersih setelah games dan packing barang bawaan masing-masing. Lalu peserta diarahkan untuk ke aula dengan membawa semua barang bawaan peserta. Setelah peserta kumpul di aula, maka mulai lah acara di hari terakhir yaitu penyematan logo HIMATIKA di almamater UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tukar kado, pengumuman reward, doa dan penutup. Pukul 12.10 peserta, panitia, dan pengurus melakukan Shalat Zuhur berjamaah di aula. Setelah itu, foto bersama dan mobilisasi pulang.

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...