TENTANG FAKULTAS

Latar Belakang

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah  Jakarta (FST UIN), saat ini telah berupaya menata diri menjadikan salah satu fakultas di perguruan tinggi negeri yang dikenal pada skala nasional dan internasional. Pada usia baru 17 tahun sejak beralih menjadi Fakultas, FST UIN telah banyak melakukan perubahan dengan mengacu pada sistem pengelolaan perguruan tinggi negeri. Perbaikan proses dan kualitas pembelajaran serta mutu lulusan merupakan prioritas utama yang dilakukan pada saat ini. Berbagai kegiatan telah dilakukan FST yang mencakup bidang akademik dan non akademik, yang dilaksanakan tidak hanya oleh para pimpinan dan dosen, namun para staf kependidikan dan mahasiswa juga berperan aktif dalam pengembangan kultur akademik di FST pada tahun 2019. Upaya pengembangan terus dilakukan untuk merespon berbagai perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan tinggi. Dengan demikian diperlukan rencana strategis yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan strategis yang mengakomodasi berbagai sasaran strategis untuk kemajuan FST, sehingga sesuai dengan pengembangan keilmuan dan kebutuhan masyarakat.

9 Program Studi

Rata-rata skor akreditasi Program Studi pada Fakultas Sains dan Teknologi mencapai 333 dari target yang diharapkan, yaitu 325

Pusat Laboratorium Terpadu

Memiliki 42 Laboratorium Terpadu dimana diantaranya adalah 2 laboratorium pengujian

Perpustakaan

Memiliki Perpustakaan Digital dengan fasilitas yang memadai

Sertifikasi Internasional dan Kerjasama

Tersertifikat AUNQA untuk Prodi SI, Perolehan akreditasi B untuk Magister Agribisnis, pendirian Bank Sampah FST, pelaksanaan PKL di Jepang untuk mahasiswa Agribisnis, Beasiswa Environment Camp di Singapore oleh mahasiswa Biologi dan memenangkan berbagai lomba oleh mahasiswa FST di tingkat lokal, nasional dan juga internasional

Akademik, Kemahasiswaan, Alumni & Kerjasama

Sistem pelayanan akademik beberapa jenis persuratan telah menggunakan secara on-line atau e-letter yang bertujuan untuk tidak terjadinya penumpukan pelayanan mahasiswa di pusat layanan administrasi terpadu. Sistem persuratan secara e-letter mahasiswa dengan mudah dapat terlayani, mereka bisa kerja di mana saja untuk mendapatkan surat yang dibutuhkan.

Administrasi Umum

Bidang administrasi umum adalah bagian penunjang yang sangat penting dan strategis dalam proses pembelajaran di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Upaya pemenuhan layanan yang bermutu bagi sivitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi, bidang ini masih terus ditingkatkan kualitas mutu manajemen pelayanan. Peningkatan mutu pelayanan administrasi umum meliputi sumber daya manusia, menyediakan konsep dan perangkat pendukung yang modern dan profesional.

Perencanaan, Akuntansi & Keuangan

Bidang ini menangani pelayanan administrasi keuangan untuk menjadikan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Jakarta sebagai Fakultas yang akuntabel, transparan dan perencanaan anggaran secara tepat guna.