Workshop Peningkatan Mutu dan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kependidikan FST: Kahoot

Saintek News (19/5) – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta kembali mengadakan Workshop Peningkatan Mutu dan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kependidikan dengan tema “Learning for Fun with Kahoot”. Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa 19 Mei 2020 mulai jam 10.00 menggunakan media aplikasi Zoom Meeting. Workshop diikuti lebih dari 65 peserta yang mayoritas merupakan para dosen FST UIN Jakarta.

Kahoot sendiri merupakan platform pembelajaran berbasis permainan. Hampir sama seperti Quizizz yang telah dibahas pada workshop sebelumnya, dalam aplikasi Kahoot pengguna bisa membuat dan menjawab berbagai kuis pilihan ganda. Tidak hanya melalui aplikasi pemain juga bisa memainkannya melalui browser dengan memasukan pin dari pembuat kuis tersebut.

Workshop ini dimoderatori oleh Siti Ummi Masruroh dan dibuka langsung oleh Dekan FST Lily Surayya Eka Putri. Pemaparan dimulai dengan penjelasan oleh narasumber Luh Kesuma Wardhani secara menarik mengenai fitur-fitur Kahoot dilanjutkan dengan penjelasan penggunaannya yang langsung dipraktekkan. Para peserta pun dipersilahkan untuk mencoba langsung permainan kuis di Kahoot agar peserta dapat secara langsung mendapatkan pengalaman bermain Kahoot yang menarik.

Untuk memudahkan peserta dalam mengulang dan mempelajari kembali terkait penggunaan Kahoot, file materi telah disediakan di Google Drive. Antusias peserta yang tinggi membuat setiap rangkaian acara workshop berlangsung dengan menarik dan menyenangkan. Acara yang difasilitasi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FST Nashrul Hakiem ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kompetensi para peserta dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran. (SUM)

You may also like...