Forum Dekan Fakultas Sains dan Teknologi

Pertemuan Dekan se Indonesia ini di harapkan mampu meningkatkan kualitas Transformasi Sainstek dalam penerapan KKNI.

fstuinjkt to makassar 2016 4 fstuinjkt to makassar 2016 2 fstuinjkt to makassar 2016 3 fstuinjkt to makassar 2016

MoU Signing Dengan NSDevil Korea

Senin, 18 April 2016 telah dilaksanakan penandatangan MoU antara UIN dengan NSDevil Korea dalam pengembangan Ubiquitos Technology (Education Innovation Based on U-Learning & UBT Technology). Dihadiri oleh Rektor UIN, ketua dan staff PLKI,Ketua unit-unit lain yang ada di UIN, Ketua dan staff Pusbangsitek, Para Dekan dan Wadek di UIN. Tidak ketinggalan Dekan dan Kaprodi/Sekprodi FST. MoU ini dapat di tandatangani atas prakarsa dari Ketua Pusbangsitek dan Dekan FST. Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk pengembangan UIN beserta unit yang ada didalamnya. Amin.

fstuinjkt mou NS devil 1 fstuinjkt mou NS devil 2 fstuinjkt mou NS devil

Workshop Kurikulum Prodi TI KKNI 2015

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan masyarakat, kemajuan jaman dan kebijakan baru dari pemerintah maka kurikulumpun perlu dilakukan penyelarasan guna mensinkronkan dengan perubahan yang ada. Implikasi nyata dari adanya perubahan kebijakan berdampak pada pola perubahan kurikulum dan bahkan penyesuaian materi ajar (content) yang akan disampiakan.

Dalam menyongsong pengembangan kurikulum dalam suatu pendidikan tinggi maka perlu dilakukan langkah-langkah baik dari internal prodi maupun dari eksternal seperti dekanat atau fakultas bahkan universitas.

Dalam Pengembangan kurikulum Pendidikan Tinggi berbasis kompetensi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 yaitu kerangka penjejangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan serta program peningkatan SDM secara nasional.

KKNI terdiri atas 9 jenjang kualifikasi, dimulai dari kualifikasi 1 sebagai kualifikasi terendah dan kualifikasi 9 sebagai kualifikasi tertinggi. Jenjang kualifikasi adalah tingkat capaian pembelajaran yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan ukuran hasil pendidikan dan/atau pelatihan yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal atau pengalaman kerja. Untuk lulusan program studi S-1 harus mencapai KKNI level 6.

Dalam perspektif KKNI, setiap program studi diharuskan memperjelas “profil lulusan” yang diharapkan melalui kegiatan pelacakan studi, studi kelayakan dan analisis kebutuhan di masyarakat. Profil lulusan mencerminkan kemampuan minimal yang harus dikuasai mahasiswa setelah lulus yang merujuk pada empat aspek kebutuhan (1) sikap (attitude), (2) bidang kemampuan kerja, (3) pengetahuan, dan (4) manajerial dan tanggung jawab. Keempat kemammpuan kemudian harus dijabarkan ke dalam sebuah capaian pembelajaran (learning outcome) pada setiap mata kuliah di program studi. Sehingga nantinya, semua perencanaan pembelajaran atau Rencana Pelaksanaan Semester (RPS) harus didasarkan pada capaian pembelajaran (Learning Outcome) yang sesuai dengan kebutuhan profil lulusan.

Guna memperdalam mengenai pola dan konten dalam kurikulum yang ada di program studi TI maka adanya workshop kurikulum perlu dilakukan guna menjaring, memperdalam dan memperkuat kurikulum prodi TI agar selaras dengan kebutuhan masyarakat.

Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan workshop kurikulum prodi TI yang berbasis KKNI telah dapat dilaksanakan sesuai dengan agenda rencana, dengan topic “ Bedah Pola dan Konten TI Untuk Kurikulum 2015 KKNI Prodi TI ”, pada tanggal 7-8 April 2016 dengan Narasumber di hari pertama Prof. Dr.rer.nat. Achmad Benny Mutiara, SSi, SKom dan Prof. Dr. Teddy Mantoro. Kedua Profeso ini sangat adalah tokoh dan pejabat APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer). Terimakasih prodi ucapkan kepada kedua narasumber atas masukan dan sarannya untuk kebaikan kurikulum prodi TI, Bapak Ibu Dosen yang telah hadir, dukungan Dekanat FST, TU dan Keuangan serta tim mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan ini. Semoga kebaikan dan kemajuan dapat terwujud. Amin.

Workshop Kurikulum Prodi TI KKNI 2015 1 Workshop Kurikulum Prodi TI KKNI 2015 2 Workshop Kurikulum Prodi TI KKNI 2015 3 Workshop Kurikulum Prodi TI KKNI 2015

 

Diskusi Nasional Agriculture Reform

Spanduk Diskusi Nasional PISPI

Welcome To Prof. Nicolas Gascoin

Dalam acara ini Prof. Nicolas Gascoin memaparkan tentang Aerospace Science and Engineering

IMG-20160331-WA0025 IMG-20160331-WA0016 IMG-20160331-WA0015 IMG-20160331-WA0009 IMG-20160331-WA0010 IMG-20160331-WA0008

Kunjungan Industri Mahasiswa Embedded System Ke PT. DyCode Bandung

Dewasa ini peran internet dalam kehidupan masyarakat modern menjadi sesuatu yang tidak dapat terpisahkan sehingga lahirnya konsep mengenai Internet of Things (IoT). IoT merupakan sebuah konsep komputasi yang menggambarkan masa depan dimana setiap obyek fisik dapat terhubung dengan internet dan dapat mengidentifikasi dengan sendirinya antar perangkat yang lain. Sebagai implementasi IoT, peran Embedded System yang terhubung ke Internet memiliki peran pennting yang kemudian dapat pula dikendalikan melalui web browser atau perangkat bergerak berbasis Android, yang masing-masing terdapat dalam pembelajaran Web Programming dan Mobile Computing.

Untuk mensinergikan antara pengetahuan akademis dengan penerapan di lapangan khususnya bidang teknologi informasi (Embedded System, maka dilakukanlah kunjungan industri (Field Trip) bagi kalangan akademis untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai teknologi masa depan. Alhamdulillah sesuai dengan jadwal ( Kamis, 24 Maret 2016) yang telah dibuat, kegiatan ini telah dapat dilaksanakan, semoga dapat memberi manfaat dan inputan yang baik bagi mahasiswa dan dosen prodi TI. Amin.

kunjungan industri 1 kunjungan industri 2

Kunjungan Industri Mahasiswa Dan Dosen Networking Ke PT. Telkom Regional III

Untuk meningkatkan efisiensi internal dalam pengaturan data dan perangkat (network infrastructures) Internet Of Things (IoT) hadir memberikan solusi, beberapa manfaat dinataranya dapat berupa pengaturan akses data dari dan kepada pelanggan dan aplikasi-aplikasi dunia industry, memberikan akses jaringan yang aman bagi berbagai jenis perangkat, baik yang berbasis selular maupun non-selular, dan memungkinkan operator untuk melakukan analisis data real-time berdasarkan fungsionalitas analitik database pada sistem manajemen data pelanggan. Dalam rangka mempersiapkan sumberdaya (Mahasiswa dan Dosen) maka penerapan di lapangan industri khususnya bidang teknologi informasi (Networking), maka perlu dilakukan kunjungan industri (Field Trip) bagi kalangan akademis untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai teknologi IoT dalam bidang network di masa yang akan datang.

Alhamdulillah kegiatan ini telah dapat dilaksanakan dan berjalan lancar sesuai dengan jadwal (Kamis, 24 maret 2016) yang telah direncanakan. Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat yang baik bagi prodi TI kedepan. Amin.

kunjungan telkom 0 kunjungan telkom 1 kunjungan telkom 2 kunjungan telkom 3

Kunjungan Industri Mahasiswa Dan Dosen Software Ke PT Telkom Bandung

Kamis, 24 Maret 2016, Alhamdulillah telah dapat dilaksanakan kegiatan kunjungan industri mahasiswa dan dosen prodi TI. Kegiatan ini sebagai cara dalam rangka menyongsong Internet of Things (IoT) bagi kami karena prodi memahani bahwa peran aktif dari mahasiswa dan dosen sangat diharapkan, peran ini dapat berupa beberapa hal dalam bentuk meneliti, merancang, dan men-develop sistem (software) untuk memenuhi keperluan pengguna (client). Pengetahuan tersebut dapat digali dan diperoleh salah satunya menggunakan kunjungan industri yang berhubungan dengan pengembangan software (perangkat lunak). Bahkan dengan adanya kemajuan internet saat ini maka keterlibatan dalam pengembangan software sangat diperlukan. Dalam rangka mempersiapkan sumberdaya (Mahasiswa dan Dosen) maka penerapan di lapangan industri khususnya bidang teknologi informasi (software engineering), maka dilakukanlah kunjungan industri (Field Trip) bagi kalangan akademisi untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai teknologi masa depan. Semoga kegiatan ini dapat member manfaat dan kemajuan untuk prodi TI. Amin

pt Telkom fstuinjkt pt Telkom fstuinjkt1 pt Telkom fstuinjkt2 pt Telkom fstuinjkt3

Partisipasi Dalam Workshop Pra-Akreditasi Prodi SI dengan Tema “Persamaan Persepsi Dokumen Akreditasi Prodi”

Alhamdulillah, pada hari Rabu-Kamis (23-24 Maret 2016),Kaprodi TI dapat hadir dalam undangan workshop yang diselenggarakan oleh Prodi SI dalam rangka mempersiapkan Akreditasi Prodi SI yang akan berkahir di awal tahun 2017. Workshop ini dengan Narasumber Bapak Dr. Adil Basuki Ahza MS, Ph.D dan Bapak Sugiyono, Ph.D , keduanya adalah  Asesor BAN-PT.

Dr Adil banyak memberikan masukan dari segi teknis dan narasumber kedua memberikan materi teknis dan mengupas borang akreditasi dari standar 1 sampai dengan standar 7. Semoga kegiatan ini dapat member manfaat positif demi pengembangan dan mutu prodi baik SI maupun TI kedepan. Amin.
partisipasi workshop

partisipasi workshop2

Partisipasi Prodi Dalam Kegiatan Sosialisasi Database Online E-Book dan E-Journal

Pusat Perpustakaan UIN Jakarta menggelar sosialisasi database online e-book dan e-journal di ruang Diorama Auditorium Harun Nasution lantai 1, Selasa (22/03/2016). Acara yang dihadiri segenap sivitas akademik UIN Jakarta dan para tamu undangan ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama antar Lembaga Prof Dr Murodi MA.

Pusat perpustakaan UIN Jakarta saat ini memiliki koleksi kepustakaan cetak dan non-cetak.

  • Kategori cetak terdiri dari koleksi Islam dan umum sebanyak 38.555 judul 100.000 eksemplar, Koleksi referensi (rujukan) sebanyak 172 judul, 421 eksemplar buku, koleksi UIN-ana (internal) Skripsi 29.994 judul, Tesis 10.140 judul, Disertasi 267 Judul, Laporan Penelitian 1800 judul, dan koleksi terbitan berkala sebanyak 618 eksemplar.
  • Koleksi non-cetak pusat perpustakaan UIN Jakarta terdiri dari e-book, e-journal, dan e-resources antara lain, e-book yang langgan ke Brill, Cambridge University Press, Emerald Group Publishing, Gale Virtual Reference Library (GVRL), IG Publishing, dan Oxford University Press. Untuk Database Online yang menjadi langgan Springerlink, Jstor, Oxford University Press, IEEE, Infotrac Custom Journal (Gale Cengage), Ovid, E-Library USA (subscribed by US Embassy), subscribed by DIKTI Proquest Cengage, dan Open Access Journal DOAJ. (LRF)

Output dari kegiatan ini tidak akan maksimal tanpa didukung oleh segenap civitas akademika yang ada dari segala unit artinya dengan adanya database online ini saja tidak cukup namun juga diperlukan peran serta keaktifan dan kreativitas dari para peneliti yang ada di kampus UIN untuk menuju Universitas Riset.

online fst uinjkt 1 online fst uinjkt online fst uinjkt2 online fst uinjkt3