Saintek Weekend

alumni alumni2

Sabtu 17 Juni 2017 merupakan momentum Alumni Saintek Weekend edisi bersama mahasiswa dari mahasiswa KKN sampe mahasiswa prodi & fakultas. pada kegiatan ini kultum diisi oleh Habib Nabiel Al Gadri, Lc bin Syaugi Al Gadri Pengasuh Majelis Ta’lim Hayyun Fii Qulubinaa dan tema yang diangkat “ Kukuhkan Persaudaraan dalam Kebersamaan Meraih Cinta Ilahi di Bulan Suci

Kegiatan Saintek Weekend diantaranya:

  1. Khataman Qur’an
  2. Santunan Anak Yatim
  3. Tausiah / Kultum
  4. Pembagian Ta’jil
  5. Sharing Alumni

Prodi TISI bersama Anak Yatim Buka Puasa Bersama

Ramadhan tahun ini Program studi TI/SI menyelenggarakan Buka Puasa Bersama para anak yatim di Perumahan Vila Inti Persada kediaman Ibu Hj. Yuni Dosen Prodi SI. Kegiatan ini sekaligus kegiatan arisan yang sering diadakan oleh prodi SI/TI setiap bulannya. acara ini dibuka dengan kultum yang di isi oleh Ust. Hafidz dihadapan para anak yatim dan para dosen SI/TI.

bukber1 bukber2

bukber3 bukber4

Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

UIN Menggelar SPMB Mandiri 2017

spmb1 uin08

Peserta Ujian SPMB Mandiri UIN Jakarta tahun 2017 ini meningkat dari tahun sebelumnya 16.748 peserta, Pada seleksi penerimaan mahasiswa  baru tahun 2017 ini UIN Jakarta menerima peserta ujian sebanyak 17.300 peserta. Para peserta ini akan memperebutkan 4.000 kursi yang disediakan UIN Jakarta.

Berdasarkan data terakhir yang diperoleh dari Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (Pustipanda) per 07 Juni pukul 12.00, jumlah peserta pendaftar jalur SPMB Mandiri yang akan mengikuti seleksi mencapai 17.300 orang.

spmb2

Dari jumlah tersebut, Kelompok Sosial (B) menduduki peminat pendaftar tertinggi, yakni sebesar 5.057 peserta. Setelah itu disusul Kelompok Sains (C) sebanyak 4.987 peserta, Kelompok Sosial-Agama (BA) sebanyak 2.891 peserta, Kelompok Agama (A) sebanyak 2.279 peserta, Kelompok Sains-Sosial (CB) sebanyak 1.025 peserta, dan Kelompok Sains-Agama (CA) sebanyak 1.061 peserta.

Penyelenggaraan seleksi ujian masuk akan dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Ahad (10-11/06). Para peserta ditempatkan di sejumlah gedung kampus, baik kampus 1,2, dan 3 maupun beberapa sekolah di sekitar kampus dengan total ruang ujian sebanyak 668 lokal.

Pimpinan FST dan Pegawai Buka Puasa Bersama

bukapuasaMemasuki bulan puasa pada hari ke-7 di bulan ramadhan 1438 H Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan kegiatan Buka Puasa Bersama di Kafe D Empang Sasak Pamulang Tangsel dengan mengundang Narasumber H. Chairul Anwar Lubis dari Majelis Cibubur. Tema Kultum adalah: “Andai Ramadhan ini Ramadhan Terakhir “Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Dekanat, Para Kaprodi dan Sekretaris Prodi, serta Staf Pegawai FST UIN Jakarta dan Dema Mahasiswa FST.

bk puasabk puasa2 bk puasa3bk puasa4

UIN Jakarta Membuka Jalur Ujian PTKIN

Pasca penyelenggaraan Jalur SBMPTN berbasis CBT (Computer Base Tes) selang satu minggu UIN Jakarta kembali membuka jalur Ujian PTKIN juga berbasis CBT di dua lokasi ujian yaitu Gedung Kampus 1 ( Gedung Pusat Laboratorium Terpadu) dan Kampus II (Gedung Fakultas Kedokteran Laboratorium CBT FKIK UIN Jakarta). Menurut informasi dari KEMENAG .

Yudisium Ke-46 dan Wisuda Ke-104

Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

Alhamdulillah Fakultas Sains dan Teknologi menyelenggarakan Yudisium Ke-46 dan Wisuda Ke-104 UIN Syarif Hidayatullah di Ruang Teater Lt.2. FST UIN Jakarta dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi dan beberapa Dosen perwakilan dari Tiap Prodi,  para calon wisudawan/wati serta beberapa perwakilan orangtua wali mahasiswa berprestasi

Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

Ujian SBMPTN 2017 Digelar Hari Ini

SIARAN PERS
Depok, 16 Mei 2017
Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A. bersama dengan Sekretaris Pusat SBMPTN 2017 yang juga Rektor ITS Prof Joni Hermana, Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Mahasiswa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Rina Indiastuti dan Ketua Panitia Lokal Jakarta SBMPTN 2017 Prof. Dr. Bambang Wibawarta, SS, MA melakukan peninjauan ke salah satu lokasi pelaksanaan Ujian SBMPTN 2017 Panlok Jakarta Wilayah 1 yaitu di Fakultas Hukum UI kampus Depok pada Selasa (16/5).
Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2017 diselenggarakan serentak di seluruh wilayah di Indonesia pada Selasa – Kamis, 16 – 18 Mei 2017 (dimulai pukul 7.30 WIB). Panitia Lokal (Panlok) Jakarta (yang masuk kedalam Wilayah 1) terdiri atas empat universitas yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) dan Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jakarta (UPN).
Ujian SBMPTN 2017 Panlok Jakarta diikuti oleh 68.764 peserta yang terdiri atas 25.995 peserta ujian Saintek ; 35.587 peserta ujian Soshum dan 5.467 peserta ujian Campuran dan terdapat 27 peserta
ujian SBMPTN berkebutuhan khusus (enam diantaranya akan menjalankan ujian di Gedung FHUI). Pada tahun ini, SBMPTN kembali menerapkan dua metode ujian yaitu Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT) dengan jumlah total masing-masing sebanyak 67.049 peserta PBT dan 1.715 peserta CBT.
Lokasi ujian SBMPTN Panlok Jakarta bertempat di 75 sekolah dan 9 Perguruan Tinggi yang tersebar di wilayah Jakarta maupun Depok. SBMPTN 2017 hari pertama (16/5) akan mengujiankan Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), dilanjutkan dengan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum). Bagi peserta SBMPTN yang memilih program studi ilmu seni dan keolahragaan, ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017 (Pk. 7:00-17:00 WIB).
Sedangkan di UI sendiri, jumlah pendaftarSBMPTN 2017 adalah sebanyak 92.776 dimana kursi yang tersedia di UI melalui SBMPTN 2017 sebanyak 3.382 kursi. Program studi Pendidikan Dokter, Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Sistem Informasi UI menjadi jurusan yang paling diminati peserta Saintek. Sedangkan Ilmu Hukum, Akuntansi dan Manajemen UI menjadi jurusan yang paling diminati peserta Soshum. UI memfasilitasi 281 ruangan ujian SBMPTN yang tersebar di 11 fakultas di UI dimana satu ruang di FHUI diperuntukkan bagi peserta berkebutuhan khusus.
Rifelly Dewi Astuti, SE,MM
Humas SBMPTN 2017 PANLOK JAKARTA

World Migratory Bird Day 2017

Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

Hari Burung Migran Dunia (World Migratory Bird Day – WMBD) adalah kegiatan kampanye global untuk meningkatkan kesadartahuan untuk perlindungan burung-burung yang bermigrasi dan habitatnya. Kegiatan ini pertama kali dilakukan pada tahun 2006 oleh Secretariat of the African-Eurasian Migratory Waterbird Agreement (AEWA) bekerja sama dengan Secretariat of the Convention on Migratory Species of Wild Animals (CMS). Kegiatan ini kemudian menjadi kegiatan tahunan yang dilakukan di seluruh dunia.

Himpunan Biologi yang terdiri dari Mahasiswa/i yang lebih spesifik dibawah naungan Himbio FST UIN Jakarta menyelenggarakan Seminar World Migratory Bird Day yang diselenggarakan di Ruang Teater Lt.2 pada tanggal 13 Mei 2017 yang dihadiri oleh Mahasiswa/i dari dalam UIN Jakarta dan Beberapa Universitas Luar ( KPB Nectarinia UIN Jakarta, UNTIRTA, UNIV. INDRAPASTA JAKARTA, KLHK, BIRDING SUMATERA, KSHL COMATA UI, KSP MACACA UNJ, BPH HIMBIO, CMC ACROPORA UNJ).

Kegiatan ini dilakukan pada minggu kedua bulan Mei di mana orang-orang di seluruh dunia bersama-sama melakukan kegiatan berupa aksi di lapangan maupun melakukan event yang terbuka untuk masyarakat seperti festival burung, program edukasi dan melakukan pengamatan burung untuk memperingati WMBD. Walaupun kegiatan dilakukan di banyak tempat di banyak negara, seluruh kegiatan tersebut saling terhubung dengan satu tema kampanye yang sama.

60 Th Milad UIN Jakarta

Exif_JPEG_420

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta turut memeriahkan Kegiatan Milad 60 Tahun UIN Jakarta yang diselenggarakan di Kampus II dengan mengikuti Jalan Sehat menyusuri Rute Jl. Raya Ciputat menuju Situ Gintung dan Berakhir di Kampus II Gedung FKIK UIN Jakarta. Selain itu juga mengikuti lomba Tumpeng, dan berbagai perlombaan yang diselenggarakan panitia Milad.

 IMG-20170513-WA0015IMG-20170513-WA0018Exif_JPEG_420

UIN Jakarta Menyelenggarakan Ujian CBT melalui SBPTN

Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

SBPTN 2017 ini UIN Jakarta mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan Ujian Saring Penerimaan Mahasiswa Baru (SBPTN) menggunakan Ujian Berbasis Aplikasi Komputer dan Berbasis Manual yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2017. Adapun Teknis dan Pelaksanaan Ujian Berbasis CBT ini akan diselenggarakan di Tiga Tempat ( FKIK, NICT/PUSTIKNAS dan PLT UIN Jakarta). Sejumlah Rapat Teknis dan Non Teknis kerap dilakukan Panitia dalam rangka mensukseskan Pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer ini. Rapat Teknis diselenggarakan di FKIK di hadiri oleh Panitia SBPTN, Tim Teknis, dan Tim Pengawas CBT.