Prodi Teknik Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sukses Selenggarakan Kuliah Lapangan 2024 di Kawasan Geodiversitas BRIN Karang Sambung
Prodi Teknik Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sukses Selenggarakan Kuliah Lapangan 2024 di Kawasan Geodiversitas BRIN Karang Sambung

Kuliah Lapangan 2024 - Prodi Teknik Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan kuliah lapangan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh program studi sebagai salah satu Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Kuliah lapangan diadakan di Kawasan Geodiversitas BRIN Karang Sambung pada tanggal 13 hingga 19 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2022 dan 2023 (mahasiswa semester 2 dan 4) dan didampingi oleh 6 dosen Teknik Pertambangan.

Prodi Teknik Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerja sama dengan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) berhasil menyelenggarakan kegiatan kuliah lapangan ini dengan sukses.

Selama berada di Kampus BRIN - Karang Sambung, mahasiswa melaksanakan berbagai kegiatan kuliah lapangan Geologi. Tujuan pembelajaran mahasiswa selama kuliah lapangan meliputi:
1. Melakukan orientasi lapangan
2. Mengenal dan mengamati batuan
3. Mengenal dan mengidentifikasi struktur geologi dan geomorfologi
4. Mengetahui morfologi dan geologi lingkungan Karang Sambung
5. Mengetahui geologi dan sumber daya Karang Sambung dan Kebumen
6. Melakukan pemetaan geologi

Kegiatan kuliah lapangan ini tidak hanya berlangsung pada pagi hingga sore hari, tetapi juga pada malam harinya diadakan kuliah malam dan tinjauan materi sebagai bekal ilmu bagi mahasiswa untuk kegiatan lapangan keesokan harinya. Para pemateri kuliah lapangan dan kuliah malam adalah para ahli geologi dari Kampus BRIN Karang Sambung.

Pada hari terakhir kuliah lapangan, mahasiswa melakukan ekskursi ke lokasi penambangan rakyat quarry, embung, dan lokasi lainnya.

Tambang KKL (2) Tambang KKL (11)

Tambang KKL (10) Tambang KKL (9)

Tambang KKL (8) Tambang KKL

Tambang KKL (6) Tambang KKL (5)

Tambang KKL (4) Tambang KKL (3)