images

S2 Magister Agribisnis

Visi Program Studi Magister Agribisnis (PSMA) merupakan turunan dari visi Fakultas Sains dan Teknologi, yakni terwujudnya Program Studi Magister Agribisnis yang terkemuka di tingkat Nasional, yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran lanjutan dalam bidang Agribisnis guna menghasilkan magister (S2) yang memiliki keunggulan dan daya saing.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang social ekonomi pertanian yang bermanfaat bagi pengembangan agribisnis, pemecahan berbagai persoalan yang terkait dengan social ekonomi pertanian dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Melakukan publikasi hasil penelitian di jurnal nasional dan jurnal internasional bereputasi untuk meningkatkan daya saing Program Studi Magister Agribisnis.
  4. Melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di bidang Agribisnis sesuai dengan asas-asas keilmuan.

  1. Meningkatkan kinerja pendidikan dan pengajaran melalui peningkatan kualitas pengelolaan system pendidikan dan pengajaran, serta peningkatan kompetensi mengajar.
  2. Meningkatkan kinerja pendidikan dan pengajaran melalui penyediaan sarana dan prasarana yang berkualitas.
  3. Meningkatkan kinerja penelitian publikasi ilmiah, dengan mendorong para dosen untuk melakukan penelitian serta melakukan publikasi hasil penelitian tersebut.
  4. Meningkatkan kinerja pengabdian kepada masyarakat melalui pembinaan, penyuluhan dan sosialisasi.
  5. Menghasilkan Magister Sains Agribisnis yang kompeten, berintegritas dan berwawasan keislaman dan keindonesiaan yang sesuai dengan kebutuhan.
  6. Memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa mulai dari penerimaan, kelulusan dan pembinaan alumni.

Generated by Embed Youtube Video online

 

Pendahuluan

Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat strategis dalam pembangunan di Indonesia, Sektor ini merupakan salah satu penyangga utama ekonomi nasional Indonesia karena kontribusinya terhadap PDB cukup tinggi. Perkembangan sektor ini tentu tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak yang terlibat di dalamnya. Pengembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian sangat dibutuhkan untuk bisa membantu petani memecahkan permasalahan-permasalahan yang timbul, mulai dari hulu sampai ke hilirnya, mulai dari permodalan, pengadaan sarana dan prasarana pertanian, budidaya tanaman, panen dan pasca panen, pengemasan sampai pemasaran. seluruh aspek tersebut merupakan cakupan dari Agribisnis. Masalah-masalah tersebut tidak sedikit dan kompleks; dan seringkali juga terkait dengan sektor-sektor lainnya seperti sektor perdagangan dan industri. Untuk itu dibutuhkan akademisi-akademisi agribisnis yang dapat membantu memecahkan persoalan-persoalan di sektor agribisnis dengan pendekatan inter dan multidisiplin. Dunia pertanian juga memerlukan berbagai inovasi untuk membantu petani memecahkan permasalahan dan dapat memaksimalkan keuntungan dalam usaha taninya.

Berbagai jenis riset tentu dibutuhkan untuk memecahkan persoalan-persoalan yang ada. dalam konteks inilah Program Magister Agribisnis FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hadir untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut dengan menghasilkan Magister Agribisnis yang memiliki keahlian dalam melakukan riset, mengembangkan inovasi, dapat membangun jaringan kerjasama dengan pihak-pihak lain yang dilandasi dengan nilai-nilai keislaman yang kuat.

Distingsi Prodi

Program Studi Magister Agribisnis memiliki distingsi dengan mengintegrasikan Agribisnis dengan keislaman. Hal ini ditunjukkan dengan adanya mata kuliah Sistem Agribisnis dalam Islam, yang tidak didapatkan pada prodi lain sejenis dalam lingkup Perguruan Tinggi di bawah Kemendikbud.

Landasan Yuridis

  1. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
  3. Peraturan Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2014 tentang Statuta Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta;
  4. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 257/M/Kpt/2017 Tentang Nama Program Studi pada Perguruan Tinggi;
  5. Peraturan Rektor No 10 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta;
  6. Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu pada KKNI dan SN-Dikti; Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik; 2018
  7. Keputusan Rektor UIN Jakarta No. 93 Tahun 2020 Tentang Perubahan Keputusan Rektor Nomor 48 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Kode Mata Kuliah.
  8. Keputusan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nomor 503 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Landasan Teoritis

Pendekatan yang digunakan dalam kurikulum Prodi Magister Agribisnis adalah pendekatan OBE (Outcome-Based Education). Pendekatan ini merupakan pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. Konsep dan prinsip pendidikan berdasarkan OBE mencakup: 1) berfokus padan capaian pembelajaran; 2) perancangan kurikulum berdasar capaian; 3) keselarasan antara penilaian, proses pembelajaran, dan capaian pembelajaran; 4) Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif; 5) penerapan siklus PDCA.

Penyusunan kurikulum Program Magister Agribisnis tahun 2020 juga dilandaskan pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kebijakan ini merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan bagi Perguruan tinggi untuk dapat merancang dan menyelenggarakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan dan selalu relevan. Kampus merdeka merupakan wujud pembelajaran di Perguruan Tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Unable to display PDF file. Download instead.

13
Prof Ujang Maman, M.Si
NIP/NIDN 196207162000031001
Bidang Ilmu Komunikasi dan pengembangan masyarakat 
Email ujang.maman@uinjkt.ac.id
Publikasi Google Scholar, Scopus, Sinta

1
Prof Dr Achmad Tjachja Nugraha, MP
NIP/NIDN 197407092007011026
Bidang Ilmu Ekonomi Pertanian
Email achmad.tjachja@uinjkt.ac.id
Publikasi Google Scholar, Scopus, Sinta

5
Prof Dr Siti Rochaeni M, Si
NIP/NIDN 196203081989032001
Bidang Ilmu Manajemen Agribisnis
Email siti.rochaeni@uinjkt.ac.id
Publikasi Google Scholar, Scopus, Sinta

2
Dr Ir Elpawati, MP
NIP/NIDN 196809112003121001
Bidang Ilmu Ekonomi Pertanian, perdagangan internasional
Email elpawati@uinjkt.ac.id
Publikasi Google Scholar, Scopus, Sinta

3
Dr Iwan Aminudin, MSi
NIP/NIDN 197002092014111001
Bidang Ilmu Agribisnis, Budi Daya Pertanian
Email iwan.aminudin@uinjkt.ac.id
Publikasi Google Scholar, Scopus, Sinta

7
Akhmad Mahbubi, MM PHdi
NIP/NIDN 198111062011011001
Bidang Ilmu Manajemen Agribisnis
Email akhmad.mahbubi@uinjkt.ac.id
Publikasi Google Scholar, Scopus, Sinta

8
Dr Ir Lilis Imamah Ichdayati, MSi
NIP/NIDN 196206171989032003
Bidang Ilmu Kelayakan Usaha Perikanan
Email lilis.imamah@uinjkt.ac.id
Publikasi Google Scholar, Scopus, Sinta

4
Dr. drh. Zulmaneri, MM
NIP/NIDN 196702232014112002
Bidang Ilmu Manajemen Agribisnis
Email zulmaneri.manir@uinjkt.ac.id
Publikasi Google Scholar,Sinta

Laboratorium

Pusat Laboratorium Terpadu (PLT) adalah laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi yang digunakan untuk berbagai kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa dan dosen.  Tersedia berbagai jenis peralatan yang sangat mendukung untuk praktikum dan penelitian, .  Dengan adanya peralatan yang cukup lengkap di laboratorium pendidikan ini, maka setiap mahasiswa dapat menggunakan fasilitas peralatan selama praktikum dijalankan.   Laboratorium ini memiliki tempat yang sangat luas, berupa gedung yang terdiri dari 6 lantai sehingga mahasiswa akan sangat nyaman ketika sedang mengikuti praktikum.  Selain itu juga tersedia berbagai jenis peralatan keselamatan, sehingga mahasiswa yang sedang menjalankan praktikum di Laboratorium akan merasa aman dan nyaman.

Perpustakaan

Perpustakaan merupakan jantung perguruan tinggi yang berfungsi sebagai penunjang gerak dan dinamika akademik perguruan tinggi. Perpustakaan bertugas menyediakan, mengelola dan mendistribusikan informasi untuk keperluan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Fasilitas Perpustakaan teridrii dari :

  • Pusat Perpusatakaan 

Pusat Perpustakaan UIN syarif Hidayatullah Jakarta menerapkan sistem layanan terbuka (Open Access), dimana setiap pengunjung dapat mengakses secara langsung koleksi yang ada di Perpustakaan. Dengan sistem ini diharapkan pemustaka dapat melakukan pencarian informasi (Browsing) dan pencarian koleksi dengan leluasa dan sepuasnya sesuai kebutuhan.

  • Perpustakaan Fakultas

Perpustakaan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sebagai pusat pembelajaran terus berkembang baik secara kualitas maupun kuantitas dalam rangka memberikan layanan secara prima. Sampai saat ini perpustakaan memiliki koleksi cetak maupun elektronik lebih dari 6697 judul yang berdiri dari e-book, jurnal, skripsi, dan lain-lain

  • Perpustakaan Online

Menyediakan pustakan digital yang bisa diakses melalui internet..